Cara setup onedrive personal vault

Cara Setup OneDrive Personal Vault

Di OneDrive, Personal Vault adalah fitur yang dirancang untuk menawarkan area terlindungi dalam akun cloud Anda untuk menyimpan file Anda yang lebih penting (seperti dokumen sensitif, catatan pribadi, gambar, dan hampir semua file yang Anda inginkan), menggunakan keamanan yang lebih kuat dengan autentikasi dua faktor seperti sidik jari, pengenalan wajah, PIN, serta email atau kode telepon, selain proses masuk biasa untuk mengakses OneDrive.

Walaupun tanpa Personal Vault file Anda masih sangat aman di OneDrive, namun fitur baru ini dimaksudkan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk mencegah pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mengakses file-file Anda. Misalnya, saat Personal Vault diaktifkan, folder akan terkunci secara otomatis setelah beberapa saat tidak aktif, dan Anda perlu mengautentikasi lagi untuk dapat mengaksesnya kembali — bahkan jika Anda sudah masuk ke OneDrive sekalipun. Pada Windows 10, konten dalam area yang dilindungi dienkripsi menggunakan BitLocker, dan tidak pernah disimpan di cache atau disimpan di perangkat atau browser Anda tanpa perlindungan. Selain itu, untuk mencegah sharing file secara tidak sengaja, karena opsi ini tidak tersedia untuk file-file yang disimpan di Personal Vault.

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda harus mengaturnya secara manual. Tergantung pada perangkatnya, prosesnya akan sedikit berbeda. Selain itu, meskipun Personal Vault tersedia secara gratis, Anda memerlukan langganan Office 365 untuk menambahkan lebih dari tiga file.

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu Anda langkah-langkah cara untuk mengkonfigurasi dan mulai menggunakan ruang penyimpanan Personal Vault di OneDrive.

Cara Setup OneDrive Personal Vault

Meskipun Personal Vault hadir di OneDrive, Anda perlu mengatur fitur di setiap perangkat sebelum Anda dapat mengakses file sensitif Anda.

  1. Klik tombol Allow.

Allow personal vault

  1. Konfirmasi kata sandi akun Microsoft Anda.
  2. Klik tombol Sign in.
  3. Lanjutkan dengan petunjuk di layar.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Anda dapat mulai mengunggah dan mengunduh ke area aman OneDrive . Jika Anda memiliki lebih banyak perangkat, maka Anda harus mengulangi langkah-langkah di mana pun Anda ingin mengakses file Anda.

Jika Anda tidak melihat opsi setel Personal Vault, periksa setelan Personal Vault halaman di akun OneDrive Anda, dan pastikan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Mengatur Personal Vault di web OneDrive

Jika Anda ingin mengakses file Personal Vault Anda dari web, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka OneDrive dengan browser Anda.
  2. Klik ikon Personal Vault.

Mengatur personal fault di web onedrive

  1. Klik tombol Next

Atur personal vault onedrive di web

  1. Klik tombol Verify.

Verifikasi identitas untuk personal vault di web

  1. Pilih metode otentikasi.
  2. Lanjutkan  dengan mengikuti petunjuk di layar.
Baca Juga  Cara Backup dan Restore Registry Windows 10

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Anda dapat mengakses file Anda serta mengunggah dan mengunduh dokumen sensitif baru.

Menyiapkan Personal Vault OneDrive Dari Ponsel

  1. Buat PIN Personal Vault.

Setup personal vault di ponsel

  1. Lanjutkan dengan mengikuti petunjuk di layar.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Anda dapat mulai menggunakan folder yang dilindungi untuk menyimpan lebih banyak file pribadi.

Cara Mengakses Personal Vault Dengan OneDrive

Saat menggunakan fitur Personal Vault, penyimpanan tetap dapat diakses selama 20 menit di web dan desktop, dan tiga menit di perangkat seluler Anda. Setelah waktu itu, penyimpanan akan terkunci secara otomatis, dan Anda harus melalui proses membuka kunci lagi, tetapi proses membuka kunci juga akan bergantung pada perangkat yang Anda gunakan.

Membuka Kunci Personal Vault di Windows 10

Untuk membuka kunci Personal Vault di File Explorer, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka OneDrive folder.
  2. Klik dua kali ikon Personal Vault.

Membuka personal vault di windows 10

  1. Verifikasi identitas Anda dengan memilih metode autentikasi yang telah Anda atur sebelumnya.

Verifikasi identitas personal vault onedrive di windows 10

  1. Lanjutkan dengan mengikuti petunjuk di layar.
  2. Unggah atau unduh file ke brankas Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Anda dapat mulai mengakses file Anda secara normal. Atau, Anda dapat juga membuka kunci area aman dari menu OneDrive yang tersedia di area notifikasi taskbar.

Membuka kunci area terlindung di web OneDrive

Jika Anda menggunakan OneDrive di web, Anda dapat membuka kunci folder Personal Folder Vault dengan langkah-langkah ini:

  1. Buka OneDrive di web.
  2. Klik Ikon Personal Vault.
  3. Klik tombol Unlock di kiri atas

Membuka kunci personal fault onedrive di web

  1. Pilih metode verifikasi.

Verifikasi identitas membuka kunci personal vault di web

  1. Lanjutkan dengan petunjuk di layar.
  2. Unggah atau unduh file ke brankas Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, folder aman akan tetap tidak terkunci, dan setelah 20 menit tidak aktif, folder akan terkunci secara otomatis.

Membuka Kunci Area Yang Dilindungi Di Ponsel OneDrive

Untuk mengakses file aman Anda di perangkat seluler, ikuti langkah-langkah ini :

  1. Buka OneDrive.
  2. Ketuk ikon Personal Vault.
  3. Konfirmasi PIN Personal Vault .

Membuka kunci personal vault onedrive di ponsel

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, folder akan terbuka untuk mengakses file pribadi Anda, dan setelah tiga menit tidak aktif, folder akan mengunci sendiri secara otomatis.

Jika Anda lebih suka membuka folder lebih lama, buka menu Personal Vault dari sudut kiri atas, pilih opsi Personal Vault Setings, ketuk Auto Lock dan pilih rentang waktu yang berbeda. Juga, di dalam halaman pengaturan Personal Vault, Anda dapat mengubah PIN Anda untuk membuka kunci folder jika diperlukan.

Mengunci Personal Vault OneDrive Secara Manual

Jika Anda lebih suka mengunci folder Personal Vault secara manual, berikut ini langkah-langkahnya:

Mengunci Personal Vault di Windows 10

Untuk mengunci folder Personal Vault secara manual di Windows 10, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka folder OneDrive.
  2. Klik kanan Ikon Personal Vault.
  3. Pilih pilihan Lock Personal Vault.

Kunci personal vault onedrive di windows 10

  1. Klik Kunci Personal Vault tombol (jika ada).

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, area terlindung OneDrive akan ditutup, dan Anda harus melakukan proses membuka kunci untuk dapat mengaksesnya kembali.

Baca Juga  8 Cara Mudah Mengatasi Masalah Tidak Bisa Share Screen Zoom di Windows

Mengunci Area Terlindungi di Web OneDrive

Untuk mengunci Personal Vault di web, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka OneDrive di web.
  2. Klik Ikon Personal Vault.
  3. Klik menu Vault di kanan atas.
  4. Pilih Lock.

Mengunci personal vault onedrive di web

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, OneDrive akan mengunci folder yang diproteksi, tetapi kecuali waktunya habis atau Anda mengunci folder secara manual, fitur Personal Vault akan tetap tidak terkunci di perangkat Anda yang lain.

Mengunci Area Yang Diproteksi Di Ponsel OneDrive

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, folder akan terkunci di perangkat seluler Anda.

Bagaimana Caranya Menonaktifkan Personal Vault di OneDrive

Jika Anda tidak lagi membutuhkan Personal Vault, Anda dapat menonaktifkan fitur ini. Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus konten apa pun di dalam kawasan terlindungi secara permanen, dan Anda tidak akan dapat memulihkan file apa pun. Jika Anda perlu menonaktifkan fitur ini, disarankan untuk mengunduh konten yang ingin Anda simpan sebelum melanjutkan.

Untuk menonaktifkan fitur Personal Vault di OneDrive, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka OneDrive di web.
  2. Klik ikon Personal Vault dari sudut kanan atas dan pilih Personal Vault Settings.

Menonaktifkan personal vault onedrive

  1. Klik opsi Disable.

Disable personal vault

  1. Klik tombol Disable lagi untuk mengonfirmasi.
  2. Klik tombol Disable sekali lagi.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, OneDrive akan menghapus folder Personal Vault dari akun Anda, dan itu akan menghapus semua isinya secara permanen.Jika Anda berubah pikiran, Anda dapat mengaktifkan kembali fitur tersebut menggunakan instruksi yang sama, tetapi pada langkah No. 3, pastikan untuk mengklik tombol Enable, lalu tombol Verify your identity.

Saat menguji area aman OneDrive, saya perhatikan bahwa terkadang, Anda mungkin mengalami beberapa masalah autentikasi, seperti aplikasi macet saat menyiapkan fitur atau saat masuk. Jika ini terjadi pada Anda, mulai proses dari awal. Anda mungkin juga perlu me-restart komputer Anda.

Memahami peringatan menggunakan Personal Vault di OneDrive

Meskipun Personal Vault dirancang untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk melindungi file Anda, ada beberapa batasan dan informasi yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakan fitur ini.

Misalnya, Anda hanya dapat menggunakan fitur ini pada perangkat yang menjalankan Windows 10 versi 1903 atau lebih tinggi, Apple iOS versi 11.3 atau lebih tinggi, dan Android versi 6 dan lebih tinggi. Untuk dukungan browser, Anda dapat menggunakan Microsoft Edge, Mozilla Firefox, atau Google Chrome, dan Microsoft merekomendasikan untuk menggunakan fitur ini dengan mode In-Private atau Incognito.